Taman Persahabatan Surabaya, Simbol Persahabatan Antar Negara

Citra P

Taman Persahabatan Surabaya, Simbol Persahabatan Antar Negara

Menjelajahi Surabaya tidak akan ada habisnya. Apalagi kota terbesar kedua ini menjadi salah salah satu contoh kota metropolitan yang memiliki kesejukan karena keberadaan tamannya. Salah satu taman asri yang bisa Anda coba kunjungi adalah Taman Persahabatan yang terletak di Jl. Sulawesi No.67, Ngagel, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Sebenarnya Taman Persahabatan ini ada dua, yang kedua lebih dikenal dengan Taman Korea, terletak di Jl. Dr. Soetomo No.84-92, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya, Jawa Timur. Baik Taman Persahabatan satu atau dua sama-sama dibangun sebagai bentuk persahabatan dengan Pemkot Daerah lain dan bahkan dengan negara Lain.

Promo Lazada Terbaru

Simbol Persahabatan Antar Negara

Salah satu tujuan dari dibangunnya Taman Persahabatan adalah sebagai wujud persahabatan antara Indonesia dengan negara lain seperti China hingga Jepang. Di dalam area Taman Pesahabatan yang juga dikenal dengan Taman Bagong ini ditanam sebuah pohon yang melambangkan persahabatan tersebut.

Terdapat pula beberapa prasasti yang ditandatangani oleh wali kota Surabaya, Sidoarjo, Yogyakarta, Bandung, Batam, Banjarmasin, hingga wali kota dari Kochi (Jepang). Selain itu di sisi utara taman dibangun sebuah monumen yang menyerupai kepala burung merak untuk memperingati 10 tahun kota kembar Surabaya dan Guangzhou (China).

Sejuk dan Asri

Suasana di Taman Persahabatan terasa begitu sejuk dan asri dengan banyaknya tanaman dan pohon-pohon rindang yang tumbuh subur. Kebersihan taman juga cukup baik, apalagi dilengkapi dengan banyaknya tempat sampah di beberapa sudut.

Terdapat lebih dari 50 jenis bunga dan tanaman yang ditanam di area taman seluas 2.259 meter ini. Karena itulah taman yang lokasinya membelah kesibukan lalu lintas kota ini terasa begitu sejuk meski berada di tengah kepadatan jalanan Surabaya.

Jika bosan dan hanya ingin sekedar mencari kesejukan atau jalan-jalan sore bisa datang ke sini sambil menikmati keindahan Taman Persahabatan yang menyejukkan mata. Taman ini juga bisa menjadi salah satu alternatif murah untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga. Banyak pengunjung yang datang hanya sekedar duduk-duduk santai atau berolahraga saat pagi dan sore hari.

Taman Persahabatan juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas cukup mumpuni seperti jogging track, area playground, miniatur air terjun, dan masih banyak lainnya.

Promo Shopee Terbaru

Lokasi dan Akomodasi

Bagi yang ingin berkunjung bisa datang kapanpun dengan hanya membayar retribusi parkir sebesar Rp2.000 – Rp5.000 saja. Karena merupakan fasilitas umum sehingga tidak ada jam operasional khusus.

Lokasi Taman Persahabatan Dua juga cukup mudah diakses. Arahkan kendaraan menuju Jalan Ahmad Yani – Jalan Wonokromo. Lalu putar balik ke arah Jalan Jagir, kemudian belok kiri menuju Jalan Ngagel. Kemudian ambil lajur kanan dan belok kanan menuju Jalan Sulawesi hingga menemukan Taman Persahabatan. Lokasi berada di sebelah kanan dari arah datangnya kendaraan. Kamu bisa mengaksesnya dengan estimasi hanya sekitar 6 menit dari pusat kota Surabaya.

Bagi Anda yang ingin bermalam, terdapat pilihan akomodasi terdekat berupa MOOI House by ZIRI yang berlokasi di Jl. Untung Suropati No.101, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur. Tarif per malamnya dibanderol sekitar Rp.183.000 dengan sejumlah fasilitas seperti kamar nyaman, akses WIFI gratis, sarapan gratis, dan tempat parkir gratis.

Bagikan:

Tags

Artikel Terkait